KHASIAT DAN KEBAIKAN APPLE CIDER (VINEGER)

“Apple Cedar Vinegar”….
ImageApa yang pertama kali terlintas dibenak anda ketika mendengar kata-kata tersebut? Cuka apel?? Ya itulah yang terlintas di fikiran saya. Selama ini saya tahu bahwa cuka apel ini digunakan untuk penyedap makanan, biasanya untuk acar ataupun salad, dan rasanya tidak diragukan lagi..kalo kata Pak Bondan, Mak nyuuuusss..bisa bikin mata melek dan badan seger…Tapi sejak beberapa bulan lalu saya baru tahu kalau cuka apel ini ternyata berguna bagi kesehatan juga. Berawal dari pertanyaan seorang teman, akhirnya membuat saya penasaran dan langsung googling deh…dan alangkah takjubnya saya ternyata begitu banyak kegunaan apple cider vinegar ini..sekaligus betapa terkejutnya saya karena selama ini saya menganggap apple cider vinegar tersebut hanyalah salah satu bumbu dapur biasa. Hasil penelusuran google tentang apple cider vinegar akhirnya merubah pemikiran dan pandangan saya.Berikut informasi yang berkaitan dengan apple cider vinegar.

Mungkin banyak yang mengira bahwa cuka hanyalah asam untuk menyedapkan makanan. Padahal cuka dapat digunakan untuk kesehatan.

Sebelum masehi orang Babilonia sudah meggunakan cuka untuk pengobatan. Bapak ilmu kesehatan, Hipocrates juga menggunakan cuka untuk mengobati pasiennya. Columbus, penemu benua Amerika, dalam pelayaran selalu membawa cuka apel untuk mencegah penyakit skorbutus (pembengkakan dan pendarahan pada gusi karena kekurangan vitamin C). Dalam pelayaran berbulan-bulan itu tidak ada buah-buhan dan sayuran untuk dikonsumsi. Begitu pun dengan tentara Romawi yang terkenal perkasa, minum cuka dicampur air sebagai tonikum.

Cuka juga dibuat dari berbagai macam. Orang Jepang dan RRC misalnya. Mereka membuat cuka dari beras. Sementara Prancis dari anggur, Meksiko dari pohon kaktus, Filipina dari pohon kelapa dan Indonesia dari pohon nira (cuka aren). Namun tahukah Anda, cuka yang paling bagus untuk kesehatan adalah cuka apel.

Pada dasarnya, cuka apel mengandung nutrisi yang sama seperti bahan dasarnya. Dengan proses fermintasi, kandungan nutrisinya bertambah kaya, terutama enzim dan asam amino. Proses fermintasi pulalah yang memberikan khasiat penyembuhan yang mengagumkan dari cuka apel. Cuka apel selain digunakan untuk memasak, mengawetkan makanan, merawat kecantikan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti rematik, asam urat, kolestrol, hipertensi, diabetes, maag, melancarkan buang air besar dan gangguan penyakit degeneratif lainnya.

Cuka apel adalah minuman kesehatan yang bekerja bukan untuk mengatasi satu penyakit tertentu saja, tapi lebih untuk mengeleminir atau menekan penyebab timbulnya penyakit. Dengan mengonsumsi secara rutin cuka apel, maka dapat membantu meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh serta meningkatkan kualitas metabolisme tubuh.

Cuka apel mengandung berbagai mineral untuk kesehatan, antara lain:

Kalium yang berfungsi melenyapkan nyeri-nyeri sendi atau rematik, mencegah serangan jantung atau stroke. Kalium juga mampu membersihkan darah dari kolestrol dan toksin.

Magnesium (mencegah dan menyembuhkan kerapuhan tulang atau osteoporosis).

Asam Maltat, membersihkan sel yang rusak, sehingga membuat jaringan tubuh manusia menjadi segar dan awet muda.

Asam Amino, memperkuat dinding usus, hingga melenyapkan sakit maag.

Asam Hidrochlorine, membantu pencernaan.

Pektin, merupakan serat kasar yang berbentuk gel, dapat memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pencernaan, menyerap kelebihan air dalam usus dan membuang racun dalam isi perut. Bila berintegrasi dengan vitamin C, dapat menurunkan kolestrol dalam darah.

Bagi Anda yang memasuki usia 40 tahun ke atas sangat dianjurkan untuk mengonsumsi cuka apel secara rutin, pagi dan malam sebelum tidur 1-2 sendok makan dicampur satu gelas air. Cuka apel ditambah madu juga bermanfaat untuk mengatasi cacingan, pilek, ingusan.

Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang cuka apel terutama kegunaannya, bisa membaca buku karangan Cyrill Scort seorang Yunani yang berjudul Apple Cider Vinegar. Dalam buku tersebut dibahas manfaat cuka apel antara lain, obesitas (kegemukan) sakit/radang tenggorokan, radang sendi, wasir/ambeien, penyakit asma, menstruasi, sariawan, meningkatkan daya ingat, antisepti/sembuhkan luka, susah tidur/insomia dan lainnya.

Berikut khasiat Apple Cider Vinegar yang saya dapatkan dari http://blogdi.wordpress.com/

MENURUNKAN KEGEMUKAN ( Obesitas ), Oleh : Cyrill Scott in Apple Cider vinegar
Campurkan 1 sendok makan CA ke dalam 1 gelas air , diminum 3 x sehari sebelum makan. Khusus untuk pagi , hendaknya diminum pagi-pagi sekali sebelum makan.Hindari makanan yang banyak mengandung garam, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan segar, sering menghirup nafas dalam-dalam, olah raga secara teratur dan seimbang.

MENINGKATKAN BERAT BADAN ( Weight Gain ), Reference : Healing Leterature Journal
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang , tambahkan 2 sendok makan madu, di minum 3 kali sehari.

THERAPY GINJAL DAN KANDUNG KEMIH, Reference : Healing Leterature Journal
Sesuai fungsi Cuka Apel sebagai Eliminative/Pembersih, ginjal dan kandung kemih akan mendapatkan efek Flushing/pembilas bila mengkonsumsi Cuka Apel sebagai teraphy.Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang dan diminum 6 kali sehari. Akan sangat bermanfaat bila beberapa gelas diminum pada pagi hari.

PENCEGAHAN RAMBUT RONTOK, Reference : Healing Leterature Journal
Rambut rontok diakibatkan karena jaringan akar rambut kekurangan potasium atau beberapa mineral lainnya, dengan mengkonsumsi Cuka Apel akan memperbaiki keseimbangan kebutuhan mineral yang dibutuhkan rambut dengan therapy.
Campurkan 1 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang, diminum setelah makan atau diantara waktu makan. Atau dapat juga diikuti dengan pencegahan dari luar dengan campurkan 1 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang aduk sampai rata, celupkan sisir kedalam larutan tersebut, lalu sisirkan kerambut secara pelan-pelan dan merata , biarkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

PENYEMBUHAN AMBIEN ( Hemorrhages ), Reference : Healing Leterature Journal; Cuka Apel akan membantu membekukan darah secara mudah, penderita ambien yang telah sampai menimbulkan pendarahan , dianjurkan minum 2 sendok makan Cuka Apel yang dicampur dengan 1 gelas air matang , diminum pada waktu makan 3 kali sehari.Untuk therapy bagian luar, oleskan/kompreskan pada bagian luka ambien dengan kapas yang dibasahi dengan CA 1 sendok makan yang dicampur dengan 1 gelas air matang.

PENYEMBUHAN VARISES ( Varicose Veins ), Oleh : Healing Alternative Medicine
Urut bagian yang mengalami varises/sakit dengan Cuka Apel ( tanpa dicampur air ). Cara mengurutnya harus mengarah kebagian jantung. Misalnya bagian yang nyeri ada di lutut, urutlah dari arah bawah/dari pergelangan kaki mengarah ke atas / ke paha. Sangat diajurkan waktu mengurut sebaiknya pagi dan malam hari.

MENCEGAH MIGRAIN ( Sakit Kepala Kronis ), Reference : Apple Cider vinegar Literature by Cyrill Scott
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang pada setiap makan, ketika migrain sedang menyerang, campurkan cuka apel kedalam air dengan perbandingan 1 : 1 , lalu didihkan campuran tersebut, hirup uapnya sebanyak 75-80 kali.

PERAWATAN GIGI DAN PELARUT NICOTIN, Reference : Apple Cider vinegar Literature by Cyrill Scott
Sebagai fungsi membantu metabolisme kalsium dalam tubuh, maka Cuka Apel sangat bagus untuk kesehatan gigi dan pelarut nicotin bagi perokok pada lapisan gigi. Campurkan 1 satu sendok makan CA pada 1 gelas air, gunakan untuk kumur dan gosok gigi. Dianjurkan juga minum 3 x sehari dari campuran 2 sdk mkn CA dengan 1 gelas air.

MENGEMBALIKAN TUBUH DARI KELELAHAN KRONIS (Fatigue), Reference : Food Pharmacy By Jean carper
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel pada 2 sendok makan madu murni, minum sebelum tidur. Buat campuran 4 sendok Cuka Apel kedalam ½ gelas air, usapkan larutan tersebut pada bahu, lengan, dada, perut, punggung dan paha sampai campuran tersebut meresap dalam kulit (jangan dilap dengan kain kering/handuk).Untuk campuran di Bathup mandi, campurkan 1 botol Cuka Apel dalam air di bathup, kemudian berendamlah sekurang-kurangnya selama 15 menit.

PENCEGAHAN SAKIT TENGGOROKAN DAN AMANDEL, Reference : Food Pharmacy by Jean Carper
Campurkan 4 sendok makan CA kedalam 1 gelas air, berkumurlah dengan larutan itu beberapa saat setiap jam kemudian telanlah, jika rasa sakitnya berkurang ulangi berkumur setiap 2 – 3 jam sekali.

MINUMAN SEHAT SAAT SANTAI SBG PENGGANTI TEH ATAU KOPI, Oleh : Ir. Nurhadi Chemical Eng. Kelion Equatrorial Mining
Tambahkan 2 sendok makan Cuka Apel dan gula/syrup secukupnya pada segelas air, lebih segar bila disajikan dalam keadaan dingin atau tambahkan es batu.

MENCEGAH KERACUNAN MAKANAN/ALERGI, Oleh : Tiny Lugman Luntong dalam Rahasia Cuka apel sebagai Obat
Siapkan campuran 2 sendok makan Cuka Apel dengan 1 gelas air, minum sebelum makan makanan yang diyakini bisa menimbulkan alergi atau sebagai pencegah kemungkinan terjadi keracunan.

MENGURANGI GANGGUAN ASTMA, Oleh : Tiny Lugman Luntong dalam Rahasia cuka apel sebagai Obat
Campurkan 1 sendok makan CA pada 1 gelas air, diminum/dihirup sedikit-sedikit selama 1/2 jam. Setelah 1/2 jam berlalu, perlakuan tersebut diulangi lagi sampai bunyi ngik-ngiknya/nafas yang tersengal-sengal menghilang. Jika rasa tersengal masih ada, dapat diminum gelas ke dua dari campuran yang sama dengan cara minum seperti semula. Diikuti dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu penyembuhan tersebut.

MENANGGULANGI KEHILANGAN DARAH, Reference : Rubrik Surabaya Pagi Alternative Madicine
Pada saat aliran darah seseorang yang bersifat persistent, tiba-tiba mengeluarkan darah dari hidung (Mimisan) tanpa sebab yang diketahuinya, segera ditanggulangi dengan meminum campuran 2 sendok Cuka Apel dengan air sebanyak 3 kali sehari.Sedangkan kehilangan darah pada saat buang air besar akibat radang usus besar ( Colitis ) dapat diatasi dengan minum campuran 2 sendok Cuka Apel dan 2 sendok madu murni dengan air 1 gelas air , diminum 3 kali sehari.

MENCEGAH GANGGUAN MATA, Refrence : Rubrik Surabaya Pagi Altyernative Madicine
Mata Berair pada Usia Lanjut :Campurkan 4 sendok makan Cuka Apel dengan air 1 gelas, tetesi 2 ml larutan iodium, minum 1 kali sehari pada saat makan selama 2 minggu.Mata Capek/sakit :Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel dan 2 sendok makan madu murni kedalam 1 gelas air, minum campuran tersebut sebanyak 3 kali sehari.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s